Rabu, 10 April 2013

Abu Bakar dan Ta'bir Mimpinya

Suatu hari, seorang laki-laki mendatangi Rasululah saw. dan berkata, "Semalam, aku bermimpi ada bayangan yang meneteskan minyak samin dan madu. Lantas aku melihat ada orang yang meminta-minta pada bayangan itu maka ada yang mendapat banyak dan ada pula yang mendapat sedikit. Tiba-tiba ada sesuatu yang menyebabkannya untuk menjulang dari bumi ke lagit, aku melihat ada yang mengambilnya, ia juga bisa naik. Lantas ada orang lain lagi yang megambilnya, ia pun ikut naik keatas. Kemudian orang lain lagi mengambilnya, ia juga naik dengannya. Berikutnya ada orang lain lagi yang mengambilnya, tetapi kali ini ia terputus dan tidak sampai ke atas." Setelah selesai laki-laki itu bercerita, Abu Bakar cepat berkata, " Rasulullah, bolehkah bila aku menafsirkannya?". Nabi saw mempersilahkan. "takwilkanlah". Lantas Abu Bakar mulai menakwilkan. Beliau berkata "Bayangan itu adalah islam. Adapun yang meneteskan samin dan madu itu adalah Al-Qur'an. Rasa manisnya akan menetes, maka ada orang yang banyak mengambil pelajaran dari Al-Qur'an dan ada pula yang mendapatkan hanya sedikit saja. Adapun sebab yang bisa menyapaikan dari bumi ke langit adalah kebenaran yang anda tegakkan. Anda Mengambilya maka Allah akan mengagkat anda. Kemudian ada orang yang  menngambilnya setelah anda maka ia juga ikut naik dengan itu. Lantasorang lain mengambilnya dan dia naik dengannya, lalu orang lain lagi mengambilnya dan kali ini ia terputus dengannya. Kemudian kebenaran itu mendatanginya dan dia berhasil naik juga dengannya, Rasulullah, beri tahu aku, apakah aku benar atau salah.?". Rasulullah memberikan komentar, "Kamu benar sebagian sedang sebagian lagi salah". Abu Bakar lanjut berkata, "Rasululah beri tahu aku mana yang salah." Rasulullah saw menjawab, "jangan sampai bersumpah."1)

===============================================================
1) Mutafaq Alaih.

0 komentar:

Posting Komentar

Like Ya sahabat... Jangan Lupa juga Isi Buku Tamunya, Biar aku Bisa Berkunjung Balik :) makasih......

×